86 JILID 6 Prolog

Posted on

PROLOG: NYONYA KEJAM

Bagi 86, kematian adalah jalan hidup.

—Divi Penyerang 86

DIKUTIP DARI BERBAGAI JURNAL

Penerjemah: Daffa Cahyo Alghifari

Legion tidak bermimpi.

Mimpi adalah cara otak memilah-milah ingatan. Dan meski Mesin Mikro Cair Legion dimodelkan mengikuti sistem saraf sentral mamalia besar, tapi tetap saja mekanis. Mereka tak perlu melakukan proses sama.

Dan maka dari itu, dia takkan pernah bermimpi lagi.

<<No Face kepada Mistress>>

Transmisi masuk dari salah satu unit pendamping membangunkan dirinya dari kehampaan aram temaram mode siaganya. Sensor optiknya menyala. Pertama kali sejak sepuluh tahun tubuhnya dioperasikan, dia merasa rangkanya mulai berderit.

Kerajaan Bersatu—tempatnya bertarung sekarang ini—telah mencapnya sebagai Ratu Bengis. Lapis bajanya putih glasial dan dihias Tanda Pribadi seorang dewi bersandar di bulan sabit. Dia telah lama kehilangan senapan mesin yang dulunya pernah digunakan. Dia, bagaimanapun, adalah yang terakhir dari lini produksi asli Ameise: Legion tipe Pengintai.

Transmisinya diteruskan melalui Eintagsfliege yang menyelimuti langit beserta Rabe—Legion tipe Kontrol Pengamatan—bahkan berkuasa lebih tinggi dari mereka. Transmisi mencapainya dari jauh di tempat persembunyiannya, Gunung Dragon Fang.

<<Tujuan operasi belum selesai. Meminta penjelasan alasan tujuan operasi dibatalkan.>>

Sang Ratu menahan desahan. Tentu saja sebab dia telah lama melepaskan mulut, tenggorokan, juga paru-paru untuk melakukannya, tapi kebiasaan lama susah dilupakan.

<<Dibatalkan? Tujuan selesai, No Face. Setelah operasi ini, Kerajaan Bersatu kehilangan sebagian besar Alkonost-nya. Lini depan musuh hancur, dan kami berhasil mendapat kedudukan di wilayah mereka. Operasi selanjutnya, kami akan menembus lini pertahanan musuh dan membawa pertempuran ke medan terbuka: area kita, Legion … tempat senjata lapis baja berkuasa.>>

Dengan sikap dingin, kalem, dan tenang, dia menegaskan bahwa unicorn utara di ambang kehancuran. Dari ratusan kilometer jauhnya, No Face merespon laporannya. No Face menjadi Legion kedua dalam komando eselon jaringan luas taktis terpadu Legion: unit Komandan Tertinggi yang mengawasi serangan melawan banyak negara. No Face juga merangkap sebagai salah satu unit Komandan Tertinggi yang bertanggung jawab atas jaringan kontrol yang menangani pengambilan keputusan Legion di seluruh benua.

Dia—asumsikan No Face dulu adalah seorang pria—adalah unit komando ciptaaan asimilasi jaringan saraf manusia yang sudah mati, jadi kemungkinan dirinya mempertahankan sisa ingatan serta kepribadian tertentu dari waktu dia masih hidup.

Namun komunikasi Legion diamankan, dan dalam proses mengenkripsi dan mendeskripsi pesan, keanehan cara bicara biasanya diperbaiki. Ketika kata-katanya sendiri dikirim ke No Face, terdengar semacam suara mesin datar dan tanpa emosi.

<<Penangkapan target utama—Báleygr, Hveðrungr, dan Minerva—belum selesai.>>

Ketiga target prioritas tinggi ini berada di front—anti Kerajaan Bersatu—zona perang tempat Mistress bertugas.

Nama dan sejarah pribadi Báleygr, pribadi unik yang mampu menunjukkan keberadaan Legion, tidak diketahui oleh Legion.

Hveðrungr adalah nama kode pengembang sistem pilot drone Kerajaan Bersatu—Sirin. Namanya tak terkonfirmasi, namun dia diduga bernama Viktor Idinarohk, pangeran kelima Kerajaan Bersatu.

Minerva adalah nama kode untuk insinyur Republik. Namanya:

Henrietta Penrose.

Dua orang yang di awal sebutkan dipastikan berada di pangkalan Kerajaan Bersatu selama pertempuran terakhir. Waktu itu Minerva tidak terdeteksi, namun intel mengatakan dia telah pindah dari Republik ke Federasi—dan dari Federasi menuju Kerajaan Bersatu.

<<Apakah penangkapan mereka penting terhadap penyelesaian arahan Legion?>>

<<Ada signifikansi strategis. Dan lagi, kemungkinan besar Báleygr adalah penerus layak untuk menerima komando total atas Legion. Penerimaan arahan baru adalah tujuan utama jaringan terpadu saat ini.>>

<< … >>

Legion adalah senjata pengepungan yang dikembangkan Kekaisaran Giad. Bahkan setelah sekian lama, tujuan mereka belum berubah. Legion menganggap umat manusia sebagai target untuk dihancurkan—bahkan sesuai runtuhnya Kekaisaran—mengikuti kehendak sekarat negara tumbang mereka. Mereka mengikuti arahan terakhir: Musnahkan musuh.

Legion tak pernah sekali pun memberontak melawan umat manusia. Mereka alat patuh yang dibuat orang-orang berperasaan dan punya kelemahan—walaupun orang-orang itu sudah tidak hidup lagi. Mencari manusia untuk memimpin mereka adalah naluri yang terpasang dalam prosesor sentral mereka.

Legion awalnya diciptakan untuk mengisi peran anggota biasa tentara. Perwira berpangkat tinggi—yang secara eksklusif adalah manusia—masih bertanggung jawab atas strategi dan delegasi.

Salah satu langkah pengaman yang diterapkan pada arahan awal Legion adalah bila mana mereka terus aktif tanpa menerima perintah baru, mereka dikehendaki meminta perintah anggota pimpinan mereka yang telah ditugaskan. Dan seandainya tidak ada, mereka dititahkan mencari penerus yang mereka anggap cocok mengkomandoi mereka.

Dan seperti pernyataan No Face, Báleygr adalah calon penerus untuk menerima hak memerintah Legion. Darah keturunan campuran Onyx dan Pyrope dianggap tanda garis keturunan Kekaisaran Giad. Bangsawan kelas atas keras-keras menolak mencampuran perbedaan garis keturunan, dan keluarga-keluarga tua yang memiliki kemampuan spesial sangatlah menentang ide tersebut. Lagi pula tidak ada yang tahu apa pengaruh aspek heterogen garis keturunan mereka kepada satu sama lain begitu dicampur.

Mempertimbangkan itu, lazimnya diterima tidak boleh adanya garis keturunan campuran selain keturunan Kekaisaran. Dan mungkin pemerintahan sekarang ini berulang kali mengirim Báleygr ke misi lini depan, di mana tingkat kematiannya terlampau tinggi, sebab yakin bahwa kelas penguasa lama akan menjadi penghalang rezim baru. Namun demikian …

Mistress jatuh merenung. Menurut rekaman optik yang ditangkap Phönix, Báleygr adalah seorang tentara di akhir masa remajanya. Dan tidak ada pewaris berdarah Keluarga Kekaisaran dalam rentang usia itu, bahkan di antara keluarga-keluarga cabang. Jika ada, tidak perlu memahkotai putri Kekaisaran yang masih bayi di waktu penobatannya …

Tentara itu tidak mungkin menjadi kaisar yang Legion cari-cari …

Namun transmisi berikutnya No Face menggagalkan pemikirannya. <<Mistress. Apakah kau memancing Báleygr masuk ke zona perang yang kau tentukan?>>

Sejenak, dia terdiam. Asumsi No Face benar. Itulah maksud Mistress ketika menyampaikan pesan tersebut lewat Phönix. Dia telah memprogram unit yang semestinya tak terkalahkan untuk mengutarakan kata-katanya andaikata sebaliknya yang terjadi. Pesannya tidak mengandung nilai nyata; semata-mata memanggil Báleygr kepadanya, tanpa memberikan petunjuk apa pun tentang keberadaannya.

Terkecuali …

<<Itu tujuan kita, bukan, No Face …? Ada masalah?>>

<Negatif. Setelah Báleygr dipancing ke lokasi yang ditentukan, dia harus ditiadakan.>>

…?

Mistress bingung terdiam. Kalau dia punya alis, pastinya sudah dia kerutkan sekarang.

<<Bukankah kita mencari penerus?>>

Itu yang tadi diucapkan No Face. Keinginan kolektif Legion. Mistress salah satu unit Komandan Tertinggi yang bertanggung jawab atas jaringan terpadu, dan bahkan dirinya pun tak mampu melawan naluri yang dikodekan dalam-dalam ke Legion, baik dalam perintah absolut ataupun pembatasan absolut.

<<Diterima. Misi kita adalah mencari penerus untuk membuat perintah absolut …>>

No Face kemudian memotong sebentar. Dia terhenti, seolah bingung. Namun saat berikutnya, aura dingin jahat komandan Legion—mereka yang menentang seluruh wilayah pengaruh umat manusia yang masih tersisa—sekali lagi memenuhi suaranya.

Suara tak tergoyahkan dari sesuaut yang ‘kan membantai apa pun dan segalanya.

<<… lalu segera menyingkirkannya.>>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *